Perawatan bayi baru lahir dengan berat badan rendah

Mungkin bayi anda akan sering mengalami gumoh setelah disusui. Kondisi kehamilan: Oleh karena itu, bayi BBLR tidak boleh kontak dengan penderita infeksi dalam bentuk apapun. Ginjal masih belum matang Kemampuan mengatur pembuangan sisa metabolisme dan air masih belum sempurna sehingga mudah terjadi oedema 6.

Jadwal imunisasi bayi prematur dengan bayi yang lahir normal pada dasarnya sama. Bayi Berat Lahir Rendah. Penggunaan perekat setelah penusukan tumit atau untuk melekatkan alat pemantau atau infus IV dapat eksoriasi kulit atau menempel erat pada permukaan kulit sehingga epidermis dapat terkelupas dari dermis dan tertarik bersama plester sama sekali tidak aman menggunakan gunting untuk mengelupas balutan atau plester dari ekstremitas bayi imatur yang sangat kecil, karena bis memotong ekstremitas yang kecil tersebut atau melepas klit yang terikat longgar.

Menurut Muslimatunhal. Makin banyak alkohol yang dikonsumsi, semakin besar resiko terganggunya pertumbuhan janin; sebaliknya semakin kurang mengkonsumsi alkohol, resiko terganggunya janin akan semakin kecil, tetapi masih ada.

Asuhan Kebidanan Antenatal. Pencegahan kehilangan panas. Bayi prematur laki-laki testis belum turun dan pada bayi perempuan labia minora lebih menonjol. Masalah pernafasan kerap kali dialami oleh bayi prematur, sehingga bayi yang lahir dengan prematur membutuhkan oksigen.

Status gizi ibu sebelum hamil. Hipotermia Beberapa penyakit yang berhubungan dengan dismaturitas: Pelarut yang digunakan untuk mengelupas plester juga harus dihindari karena cenderung mengeringkan dan membakar kulit lembut. Risiko ini berhubungan dengan jumlah alkohol yang diminum setiap harinya, usia kehamilan saat ibu hamil minum alkohol dan lamanya ibu tersebut mengkonsumsi minuman beralkohol.

Tujuan Khusus Dengan pembuatan makalah ini maka mahasiswa mampu: Rata-rata bayi normal gestasi minggu adalah gram. Hipoglikemia, karena cadangan glukosa rendah 3.

Cara Merawat Bayi Dengan Berat Lahir Rendah (BBLR)

Pengukuran antropometri merupakan salah satu cara untuk menilai status gizi ibu hamil. Suhu Tubuh -Pusat pengatur napas badan masih belum sempurna -Luas badan bayi relatif besar sehingga penguapannya bertambah -Otot bayi masih lemah -Lemak kulit dan lemak coklat kurang, sehingga cepat kehilangan panas badan -Kemampuan metabolisme panas masih rendah, sehingga bayi dengan berat badan lahir rendah perlu diperhatikan agar tidak terlalu banyak kehilangan panas badan dan dapat dipertahankan.

Berat Badan Lahir Bayi Rendah

Winkjosastro, Semua perawatan bayi harus dilakukan didalam incubator 2. Ketika mencapai usia 6 bulan, dokter mungkin akan menganjurkan untuk diberikan vaksin flu pada bayi anda.Beberapa pengertian tentang bayi baru lahir rendah (BBLR), menurut pantiawati (, h.1) mengatakan BBLR adalah bayi dengan berat badan lahir kurang dari gram.

Perawatan bayi prematur mungkin harus lebih ekstra dibandingkan merawat bayi yang lahir tepat pada waktunya dengan berat badan yang normal. Kelahiran bayi prematur biasanya disebabkan karena sang ibu mengalami infeksi, preeklamsia, ketuban pecah dini dan lain sebagainya. Bayi dengan berat badan lahir rendah, dirawat didalam incubator.

Prosedur perawatan dapat dilakukan melalui “jendela“ atau “lengan baju“. Sebelum memasukkan bayi kedalam incubator, incubator terlebih dahulu dihangatkan, sampai sekitar 29,4 C, untuk bayi dengan berat 1,7 kg dan 32,20C untuk bayi yang lebih kecil.

Perawatan Bayi Prematur Baru Lahir

Bayi dirawat dalam keadaan telanjang, hal ini memungkinkan pernafasan yang adekuat. Bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR) adalah bayi yang lahir dengan berat kurang dari gram tanpa memandang masa gestasi, berat lahir adalah berat bayi yang ditimbang dalam 1 jam setelah lahir.

BERAT BAYI LAHIR RENDAH (BBLR)

Bayi dikatakan lahir dengan berat badan rendah apabila saat dilahirkan memiliki berat badan kurang dari gram atau 2,5 kg. Bayi dikatakan memiliki berat lahir sangat rendah apabila ia terlahir dengan berat 1,5 kg, serta memiliki berat lahir rendah ekstrem apabila berat lahirya di bawah 1 kg.

Berat lahir bayi itu sendiri mencerminkan kecukupan nutrisi dan perkembangan ketika dalam kandungan. Metoda kanguru adalah suatu teknologi tepat guna untuk perawatan bayi baru lahir khususnya bayi prematur atau berat badan lahir rendah (BBLR), dengan cara melekatkan kulit bayi ke kulit ibu (skin.

Perawatan bayi baru lahir dengan berat badan rendah
Rated 0/5 based on 64 review